Jumat, 08 Juli 2011

Mahasiswa Berorganisasi, siapa takut!!


organisasi mahasiswa di FH Universitas Islam Indonesia

Sedari kecil kita di didik bahwa mengenyam pendidikan hanya untuk jalan menjadi orang yang sukses mendapatkan pekerjaan yang layak dan hidup sejahtera, untuk mendapat semua itu kita di tuntut harus mendapatkan nilai sesempurna mungkin. Paradigma seperti itu masih menjadi paham yang kebanyakan di anut mahasiswa, sehingga ketika mereka ingin melakukan kegiatan di luar kuliah mereka berpikir hanya akan menghambat kuliah dan akan dapat melupakan tujuan utama kuliah untuk mendapatkan ilmu dan nilai sebesar besarnya.

Sebenarnya esensi dari kuliah itu apa sih? Apakah hanya mendapatkan ilmu yang di ajarkan di kelas, mendapat nilai yang bagus dan lulus dengan hasil yang memuaskan. Aku pikir tidak sesempit itu. Mendapatkan ilmu apakah hanya di dapatkan di kelas? Ketika kita dapat berpikir lebih luas lagi mendapatkan ilmu itu dimanapun bisa kita lakukan, selain dari kegiatan kuliah kita bisa mendapatkan ilmu dari kegiatan di luar kuliah seperti dengan berorganisasi.

Organisasi mahasiswa merupakan sebuah wadah berkumpulnya mahasiswa untuk melakukan kegiatan dan mencapai tujuan bersama. Sebagai mahasiswa harus pintar-pintar mencari ilmu pengetahuan. Berorganisasi merupakan kegiatan non akademis yang baik untuk membentuk mental, mengasah tanggung jawab, menambah wawasan, merangsang sifat kebersamaan dan memperluas jaringan. Dengan berorganisasi akan melatih soft skill dan menambah pengalaman mahasiswa dalam menjalani kehidupan dan dunia kerja yang sebenarnya.

Sifat mahasiswa yang pragmatis menjadikan mahasiswa enggan berorganisasi . Mahasiswa adalah kaum kelas menengah yang tak akan lepas dari sifat pragmatis, hedonis, konsumeris dan lain-lain. Sifat-sifat tersebut sangat melekat pada kehidupan mahasiswa jaman sekarang, mereka lebih senang meghabiskan waktu senggang di antara kuliahnya dengan berbelanja ke mall membeli barang yang tak begitu di perlukan, bermain game, pacaran, bersenang-senang, pergi ke diskotik dan lain-lain namun, ketika mereka di ajak bergabung dalam organisasi dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif di dalam organisasi tersebut, mereka akan beralasan organisasi akan menggangu kegiatan akademis mereka padahal dengan berorganisasi sebenarnya akan menunjang kegiatan akademis dalam banyak hal, memang terkadang kegiatan organisasi akan berbentrokan dengan kegiatan akademis, namun dengan menejemen waktu yang baik hal itu bukanlah alasan.

hura-hura

Berorganisasi bisa juga mengasikan asal di lakukan dengan kosisten dan tanpa paksaan, dengan berorganisasi kita bisa mendapatkan teman yang banyak, mempunyai jaringan alumni dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan di dalamnya juga dapat melatih kemampuan mahasiswa, kerena IP yang tinggi tidak dapat menjamin seseorang sukses di jaman sekarang. Selama kuliah hanya untuk mengejar nilai tinggi saja hanyalah membuang waktu, banyak sekali waktu yang terbuang ketika tujuan kita hanya mendapat nilai tinggi. Waktu 24 jam tidak akan habis jika di gunakan untuk melakukan kegiatan lain lagi di luar kegiatan akademis. Rubah paradigma kita, mendapatkan ilmu bukan hanya di kelas namun dapat di lakukan di manapun. Dunia sudah tidak membutuhkan orang yang hanya ber-ip tinggi namun lebih membutuhkan orang yang berjiwa kreatif, mandiri, dan bermental kuat untuk dapat bersaing dalam kehidupan yang semakin keras.

Melawan diri sendiri selalu menjadi jalan terbaik, kemauan yang tinggi dan pengorbananan menjadi modal awal untuk berubah menjadi mahasiswa yang akan berguna bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat dan negara. Sebuah langkah kecil untuk berubah akan menjadi titik balik dimana seorang berubah menjadi manusia yang bermanfaat dan akan mengantarkan menuju kesuksesan dunia maupun akherat.

Ini foto-foto aku selama mengikuti kegiatan Organisasi-organisasi kampus:

sebelum aksi di hari buruh

saat aksi buruh bersama LFSY

di pantai sepanjang wonosari saay makrab KOMAKA

di nol kilometer (malioboro) saat aksi teaterikal

saat kamping di merapi sama kawan-kawan KOMAKA

menggunakan almamater kampus

makrab KOMAKA 2010

makrab LPM Keadilan 2010

foto di kampus bareng anak2 LPM keadilan dan Mahasiswa malaysia

bakti sosial untuk korban merapi bersama kawan2 KOMAKA

saat jadi panitia penerimaan mahasiswa baru 2010
Dari foto-foto di atas berorganisasi terlihat juga bisa menyenangkan dan meng-asik-an kan? Ayo para mahasiswa-mahasiswi segera daftarkan diri kalian pada organisasi mahasiswa yang kalian tahu dan sukai di kampus kalian jangan tunggu-tunggu lagi, kerena akan sangat banyak manfaat yang akan kalian dapatkan di sana.

4 komentar:

  1. Gua ikutan organisasi "Hang Out Sepulang Kuliah", hehehe

    BalasHapus
  2. Claude : haha itu organisasi pasti organisasi jalan2 haha

    Admin : ya thanks.. :D

    BalasHapus
  3. waw, ikut organisasi wktu kuliah tnyta enak jga ya XD
    jdi pngen ikut nanti.

    oia, bru nyangkut disini ni :D
    slm kenal yah

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...