Sabtu, 28 Januari 2012

Mundurnya duo CEO Blackberry


kalahnya blackberry oleh iphone dan android
Hari ini saya mendengar kabar bahwa dua pendiri Research in Motion (RIM) produsen perangkat smartphone Blackberry  Mike Lazaridis dan Jim Balisillie mengundurkan diri dari jabatannya. Wow ini merupakan peristiwa bersejarah, mengingat Blackberry sempat mendominasi pasar smartphone dunia.

Turunnya kedua CEO RIM tersebut mengindikasikan bahwa turunnya minat konsumen dunia terhadap perangkat Blackberry, tergerus oleh kedigdayaan iPhone dan Android yang sedang berada dipuncaknya tahun-tahun ini.

Sebagai gambaran, di Amerika serikat sebagai negara penentu trensetter pasar smartphone dunia, menurut laporan lembaga riset Canalys, tahun 2009 BlackBerry sempat menguasai 53 persen pangsa pasar smartphone.  Tetapi, pada 2011 menyusut hingga tersisa hanya 13 persen. Angka yang sangat signitifikan.

Namun turunnya pasar Blackberry di berbagai negara tidak berpengaruh untuk Indonesia, yang disebut-sebut dengan julukan Blackberry nation oleh RIM, terbukti dengan peluncuran perdana Blackberry Belagio yang membludak, artikel mengapa Blackberry berjaya di Indonesia pernah saya tulis di postingan sebelumnya Blackberry,Android dan Penyesalan.

Apakah sepeninggal kedua pendiri RIM, Blackberry masih bisa berjaya di pasar Indonesia tahun 2012 ini dan seterusnya? Yap tergantung kehebatan pemasaran CEO RIM selanjutnya, kita tunggu saja.

6 komentar:

  1. hmm, saya juga baca beritanya...

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. hemm tunggu aja nanti jawabanya..

      Hapus
  3. Selama dia ga jual fitur eksklusif BBM nya, pasti BB masih bisa survive...at least di negara2 berkembang macem Indo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ada isu BBM bisa dinikmati jg sama perangkat android di thn ini, ya kalo itu beneran, dadah aja deh bb di Indonesia..

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...