Rabu, 27 Februari 2013

Silver Linings Playbook : Cinta Dua Gangguan Mental



Silver Lining Playbook sekilas dapat mencuri perhatian penikmat film dengan jajaran pemain yang tengah bersinar saat ini, sebut saja Bradley Cooper dan Jennifer Lawrance memang memiliki daya tarik dengan “good looking” nya, namun bukan pemain “good looking” yang membuat film comedy romantic ini luar biasa, melainkan akting memukau kedua pemain utama tersebut yang dapat membuat saya berdecak “gila” saat menyaksikan film arahan David O. Russell ini.

Tahun 2010, David O. Russell yang telah dikenal berhasil dengan film Fighter, mencoba peruntungan kembali dengan membuat comedy romantic Silver Linings Playbook. Film yang berfokus pada dua psychologically damaged dan segi cerita yang sederhana ini, memang mengharuskan dua pemeran utama tampil maksimal karena jiwa dari film ini dapat hidup dengan penghayatan yang luar biasa. 

Bradley Cooper yang saya kenal sebelumnya lewat film Hangover, diluar dugaan dapat memerankan seorang psychologically damaged dengan sangat bagus dari awal film ini dimulai, berbeda jauh saat ia bermain di Hangover yang menurut saya akting standar Hollywood. Hal yang tak boleh dilewatkan adalah Jennifer Lawrence, aktris yang melijit namanya lewat film Hunger Games. Jennifer lawrence menjadi pemain yang menurut saya paling berkesan, memang sudah sepantasnya Oscar menganugrahi penghargaan best actress padanya lewat akting memukaunya di film ini.

Silver Lining Playbook bercerita tentang dua orang penderita gangguan mental akibat dari perjalanan hidupnya yang keras. Pat Solatino Jr (Bradley Cooper) adalah seorang mantan guru SMA penderita penyakit bipolar disorder. Pat baru saja dikeluarkan dari mental institution Balltimore setelah ia menghajar habis-habisan seorang guru, rekan kerja sekaligus pasangan selingkuh istri Pat, Nikki (Brea Bee). Pat masih percaya bahwa ia dapat rujuk kembali dengan istrinya selepas ia keluar dari rehab.

Kemudian Pat secara tidak sengaja bertemu dengan Tiffani (Jennifer Lawrence), seorang wanita yang menderita gangguan mental karena kematian suaminya secara mendadak. Tiffani memiliki tipikal meledak-ledak dan mengeluarkan apapun yang ia pikirkan secara blak-blak’an tanpa memperhatikan keadaan sekitarnya. Setelah kematian suaminya Tiffani menjadi sex addict, yang mengakibatkan ia dipecat dari pekerjaannya. Berbeda dengan Pat yang memiliki sifat lovable, membuat Pat merasa tidak cocok dengan Tiffany di awal pertemuan.

Selain hubungan antara Pat dan Tiffani, film ini juga menampilkan kehangatan keluarga yang unik. Lewat peran ayah Pat (Robert De Niro) yang mengidap OCD (obsessive compulsive disorder) dan selalu percaya takhayul pada pertandingan football, begitu juga Dolores ( Jacki Weaver) yang selalu menjadi penengah. Tidak heran chemistry yang hebat terbentuk antara peran ayah dan anak ini, duet Bradley dan DeNiro bukan yang pertama kali, David O. Russell menyatukan kembali yang sebelumnya sukses berkolaborasi dalam film Limitless pada 2011.
  
Secara keseluruhan, Silver Linings Playbook adalah film yang wajib disaksikan bagi penggemar com-rom. David O. Russel berhasil membuat karakter dari tiap pemain sangat hidup. Bahkan saat scene Ayah Pat bertaruh parlay dengan teman bertaruhnya membuat saya secara tidak sadar berucap “jangan..”. Saya harus angkat topi untuk tim produksinya, karena 11 nominasi Oscar diraihnya film ini, dari kategori skrip, sinematografi, editing, hingga efek visual.

Sayang film yang di adaptasi dari novel dengan judul yang sama karangan Matthew Quick, memiliki tempo berbicara yang cepat, membuat penonton asia seperti saya akan sulit memahami film ini secara detail. Tetapi dibalik itu, Silver Linings Playbook memberikan sebuah kedalaman cerita dan karakter yang dirangkai dengan baik. Gaya penyutradaraan David O. Russell juga berhasil menonjolkan sisi hangat keluarga serta chemistry tiap karakternya.

Rating 8.5/10

3 komentar:

  1. wah sepertinya film bagus ya .. keduanya mempunyai kelainan psikologi .. apalagi karna di tinggal mati suaminya itu

    BalasHapus
  2. Sebagai seorang movie freak dan belum pernah nonton ini gue ngerasa gagal. Anyway, baru pertama kali main kesini nih. Salam kenal. \:D/

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...