Rabu, 14 Maret 2012

9gag Rasa Indonesia

avatar 9gag di twitter
Pernah buka situs 9gag.com? untuk yang mengharapkan lelucon dan website yang menyenangkan 9gag merupakan website yang tepat. Website berbagi foto, komik pendek, cerita lucu dan lain-lain ini merupakan website yang saat ini sedang digandrungi masyarakat pengguna internet. Dengan tagline mereka “the easiest way to have fun”, 9gag memang website yang memberikan cara mudah untuk mendapatkan kesenangan.

9gag sendiri sudah ada sejak 2008, namun baru 2 tahun terakhir 9gag mulai dikenal. 9gag juga terkenal dengan meme (Most commonly rage comics), meme adalah sebuah karakter, entah kartun, orang beneran, sketch, atau apapun itu, yang memiliki karakter sendiri, meme sering digunakan di setiap postingan 9gag. Beberapa meme yang kerap digunakan oleh pengguna 9gag, adalah troll face, derpina, like-a-sir, poker face, Inglip, fap fap guy dan banyak lagi.


Seiring kesuksesan 9gag, Indonesia sebagai salah satu negara pengguna internet terbanyak di dunia tidak menyia-nyiakannya. Maka muncul website na9a.com, dengan konsep yang sama seperti website 9gag namun dengan humor atau lelucon dengan cita rasa Indonesia. 


Karena 9gag merupakan situs yang berasal dari Hongkong namun host’nya berada di Amerika, humor yang disajikan adalah humor atau jokes barat, belum tentu kita semua bisa menerima jokes yg barat, karena beberapa juga sangat sarkasme dan generalisasi. Bukan tidak mungkin ketika kita baca lalu berasa di-offended atau gimana. Dan terkadang bahasanya vulgar, lalu menggunakan ikon agama atau bahkan agama itu sendiri sebagai lelucon, agak susah bagi kita untuk menerima. Maka munculah website na9a.com.


simbol na9a vs 9uyon
Na9a yang lebih dikenal dengan 9gag-nya Indonesia, banyak berisi postingan dengan menggunakan meme “Afika”, penampilannya yang lucu dalam iklan oreo membuatnya terkenal di website tersebut. Namun tidak jarang banyak postingan yang hanya men-translate dari postingan 9gag dan tidak original. Kemudian muncul website 9uyon.com, sebenarnya saya tidak tahu yang mana yang lebih dahulu keluar antara 9uyon dan na9a. Namun keduanya benar-benar mirip dan hampir tidak ada bedanya yaitu 9gag versi Indonesia.

Na9a.com lebih terkenal dibanding 9uyon.com, karena na9a sudah lebih banyak menghasilkan meme khas Indonesia dan joke-joke segar dengan kondisi Indonesia saat ini. Ada Badi bangor, Aan anak alim, Amin Rich Man, Kasino – Gile Lu Ndro!, Rhoma Irama dan masih banyak lagi (bisa dilihat di blog ini).

12 komentar:

  1. Tetep lebih seru 9gag kalo menurut gua. Meme kalo ditranslate ke Indo suka malah jadi garink...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, yg original emang lebih bagus :D

      Hapus
  2. iiicchh
    keren keren...
    Gue baru tau (gag up date banget yao????)hehe
    gag papa deng...
    langsung capcus ke TKP ah....
    thankz infonya kawan
    visit back and follback yaoo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal website tersebut saudah lama terkenal.

      Hapus
  3. berari 9gag gak pakai bahasa indonesia ya?
    wah, Rhoma iramanya pakai batik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia 9gag menggunakan bahasa inggris.

      Hapus
  4. oh jadi afika terkenal gara-gara na9a.com ya...

    BalasHapus
  5. kalo ane seringnya di 1cuk.com aja..
    lebih simple, cleaner, dan enak buat baca bacanya
    lokal abiiss…

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih refrensi barunya, ternyata banyak ya situs yg sejenis

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...