Rabu, 17 Agustus 2011

INDO'pendence Day


Hari ini gua melakukan hal seperti biasanya, tidak ada yang berubah dari hari kemarin-kemarin selama bulan puasa ini hanya di isi oleh kegiatan-kegiatan kampus dan kegiatan bersama teman seperti biasa.

Tapi ada hal yang bikin gua sedikit heran, entah karena gua gak sadar atau karena rasa lapar yang hinggap karena puasa. Gua gak menyadari kalau hari ini adalah hari kemerdekaan negara gua sendiri, bangsa gua sendiri.

Ada beberapa alasan kenapa gua gak merasakan eufuria hari kemerdekaan di tahun ini :

1. Gak upacara bendera.

Jaman gua masih sekolah dari SD sampai SMA, gua sempet mau protes sama pemerintah. Bagaimana bisa di tanggal merah 17 agustus, masih harus pergi ke sekolah pagi-pagi untuk upacara? Bukankah itu suatu pembodohan!! Sekarang gua bener-bener pengen ngerasain upacara bendera, pagi di hari kemerdekaan tanpa upacara bendera benar-benar ga terasa mengawali hari di mana bangsa ini mengproklamasikan dirinya. Ya mungkin karena faktor gua yang udah bukan siswa lagi jadi gak ada kewajiban untuk upacara.

2. Gak ada lomba.


Biasanya setelah upacara bendera, gua udah siap-siap lansung pergi kelapangan deket rumah. Di sana udah banyak anak-anak pada ngumpul buat ikut lomba 17an. Lapangan di gambar tulisan start dan finish untuk menunjukan di sini tempat berlangsungnya lomba. Hadiah sengaja di pajang paling depan supaya anak-anak yang ikut lomba pada ngiler semua.

Tapi tahun ini, gua udah gak merasakan adanya lomba 17an di daerah gua. Gua muter-muter kemana-mana pun hampir tidak ada yang menyelenggaraka lomba di kompleknya. Hari kemerdekaan ini benar-benar gak terasa tanpa melihat adanya lomba 17an atau bahkan ikut lombanya.

3. Gak ada hiasan atribut merah putih.

Beberapa hari sebelum tanggal 17 biasanya pak erte setempat udah nyuruh gua untuk bantu-bantu hias gang rumah gua pake bendera merah putih kecil-kecil dari plastik terus dimasukin ketali dan tali yang udah ada benderanya itu di iket melintang di atas gang rumah gua. Dan juga hiasan atribut yang lainnya. Alhasil bener-bener terasa kalo bentar lagi mau 17an.

Sekarang, boro-boro ada yang nyuruh gua tuk hias-hias ada hiasan atau atribut merah putih aja ga ada, cuma sedikit banget dan cuma setiap rumah memasang bendera merah putih yang bikin suasana 17an, tapi gua rasa itu kurang gua tetep gak bisa merasakan hias-hiasan merah putih kayak dulu.

***
Sebenernya gua yakin gak semua merasakan apa yang gua rasakan, tapi gua juga yakin pasti ada beberapa yang merasakan apa yang gua rasakan.

Entah karena nasionalisme yang semakin berkurang atau karena semua orang di daerah gua pada sibuk semua sehingga lupa kenapa ia bisa bebas tinggal disana, bisa mendapat pekerjaan, bisa bebas berpendapat dll. Mereka bisa seperti itu karena apa? Ya karena secara subtansial negara ini sudah merdeka, merdeka karena pahlawan yang berjuang hingga tumpah darah.

Memaknai hari kemerdekaan memang tidak sesempit melakukan upacara bendera, mengikuti lomba 17an dan menghias rumah dengan atribut merah putih. Tetapi memaknai kemerdekaan lebih kepada memaknai perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan hingga bangsa Indonesia yang dipandang lemah bisa berdiri tegak sampai sekarang bukan juga berarti perjuangan bangsa ini telah usai, walau sudah merdeka kita harus tetap berjuang untuk tanah air kita, dengan mengharumkan indonesia di mancanagara dan membuat Indonesia bisa lebih adil sejahtera dan maju. Perjuangan kita tidak kalah berat dari para pejuang dahulu.

Ayo rakyat Indonesia terutama kaum muda, Indonesia memang sudah merdeka namun bukan berarti perjuangan sudah selesai. Perjuangkan terus Indonesia hingga titik darah penghabisan.

 
Oh iya ni gua ada updatean status facebook temen menyambut kemerdekaan yang gua rasa bagus:












11 komentar:

  1. Semoga Indonesia cepet jaya ya...;p

    BalasHapus
  2. hihiihihi apalagi anak kos kayak aku. tujuh belasan cuman nontonin petinggi kampus upacara di lapangan deket kosan. trus disebelah aku, tukang tukang becak juga lagi pada nonton. kata mereka, nungguin. siapa tau ada kupon hadiah kayak acara gerak jalan. hahahahaha :P

    BalasHapus
  3. hayooo bikin upacara sendiri ngerek bendera di rumah pagi2 :D

    BalasHapus
  4. sama gue juga kaga ada upacara. hihi cuman mantengin tipi donk liati bendera merah putih naik.

    BalasHapus
  5. di tempat saya juga gak ada kemeriahan sama sekali mas :(

    BalasHapus
  6. dah lama bgt gak rasain upacara bendera.

    BalasHapus
  7. @Claude: aminnn

    Mbak Pungky: hahaha namanya jg anak kos, emang menyedihkan nasibnya..hha

    Mbak indi: 66 tahun :D

    Audrey : haha gak enak masa peserta sama pemimpin upacaranya satu orang

    Aditya: malah gua kaga liar upacara di TV.. :(

    Merliza: kita senasib :(

    Cerpenis: bisa di tebak pasti terakhir upacara pas masih SMA ya? Haha

    BalasHapus
  8. jayalah terus negriku
    salam hangat dari blue

    BalasHapus
  9. kalao mau yang ada banyak lombanya dihari kemerdekaan kita,mendingan ke gorontaloaja ,Kalian semua bisa melihat banyak sekali bermacam-macam lomba.Pokoknya seru sekali

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...