Senin, 11 Juli 2011

Diskusi

Beberapa hari yang lalu gua di tunjuk untuk jadi pemateri diskusinya Komaka (UII) dan Forsmad (UIN Yoyakarta), beuh gua sempet agak kaget juga secara gua belum biasa ngisi diskusi, baru juga beberapa kali ngisi, kalo ngisi diskusi ngegosip mungkin gua bisa.

Materi atau tema yang gua bawakan adalah “Format Politik Negara” (FPN) behh berat jeng tema’nya, haha gak apa biar di kira intelek sedikit, oh iya kalo mau baca makalah buatan gua untuk diskusi ini click, (makalah diskusi agar diskusi tidak meluas dari tema) tapi sebenernya tema ini adalah opsi kedua, karena opsi pertama yang ingin gua bawakan adalah tema “Pengaruh buruk mahasiswa stress ketika gak dapet IP bagus di kampusnya” okehh, tanpa harus menanyakan ke siapa-siapa gua yakin ketika gua membawakan tema itu dalam forum gua akan di lempar ke jamban terdekat oleh para peserta diskusi.

Diskusi di adakan pada tanggal 9 july kemarin dan di mulai dari jam 7 malam, karena budaya molor atau ngaret (baca: gak tepat waktu) masyarakat Indonesia yang sangat melekat hingga ke ubun-ubun, diskusi baru bisa mulai di laksanakan jam 8 lewat sedikit.

Diskusi di mulai, sekarang gua berada di depan forum yang pesertanya berisi mahasiswa-mahasiswi “sangar” dua Universitas kenamaan di Jogja, kebanyakan di antaranya adalah mahasiswa-mahasiswi yang angkatannya lebih tua dari gua, tapi ada juga yang sama dan lebih muda. Untungnya para peserta diskusi adalah teman-teman gua sendiri jadinya gua gak terlalu canggung untuk banyak ngomong di depan mereka walau sebelumnya gua sempet senam kejang jantung. Ketakutan gua sebagai pemateri adalah adalah ketika ada peserta diskusi bertanya dan gua gak bisa menjawabnya atau gua menjawab dengan jawaban bodoh kan malu-maluin.


Satu jam pertama diskusi gua masih bisa menguasai forum dan sekiranya dapat menjawab pertanyaan dengan baik setiap ada pertanyaan yang ada namun keadaan sedikit berubah ketika seseorang yang bernama Andi Faisal datang (udah dateng terlambat masih juga bikin strees orang!!). Waktu itu forum sedang dalam sub tema bentuk negara Monarki, gua ngomong panjang lebar tentang monarki inggris yang berbentuk “monarki konstitusional” di mana raja hanyalah simbol negara namun pemerintahannya bukan di pegang oleh raja melainkan oleh parlemen. Si Andi bertanya dan sedikit ada perdebatan, sampai Andi bertanya “Apa itu konstitusi?” astaga gua gak tau dan gua luput mempelajari arti konstitusi, padahal konstitusi adalah kata yang sering gua ucapkan, gua bingung dan  akhirnya ada peserta yang mengexplore arti dari konstitusi, gua tau Andi cuma ngetes gua dan dia berhasil membuat gua sedikit ngedown.

Haha itu hanya sedikit hal yang terjadi saat diskusi kemarin, tapi over all diskusi berjalan dengan lancar dan baik, gua gak bakal kapok jadi pemateri lagi dan gua akan belajar lebih lagi biar gak canggung dan dapat jawab semua pertanyaan kalo jadi pemateri lagi. Gua yang dari kecil adalah anak yang pemalu telah sedikit berkembang jadi orang yang lumayan bisa ngommong di depan umum sebenernya ini peningkatan sangat seknitifikan dalam hidup gua, ya mudah-mudahan terus terjadi perubahan positif dalam hidup gua. Amiinn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...